Friday, September 28, 2012

Kenapa Harus Menulis?


                  Jika ditanya tentang menulis, kebanyakan dari kita akan mengatakan hal tersebut adalah aktivitas yang membosankan, menjenuhkan, membuang – buang waktu, dan tidak penting. Bagi sebagian orang, kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang kuper dan kurang kerjaan. Seakan – akan menulis adalah kegiatan ‘aneh’ dan patut dipertanyakan jika seseorang menyukainya. Namun bagi orang tertentu, menulis adalah mata pencaharian. Menulis berarti hidup dan menulis sudah menjadi satu bagian utuh dalam dirinya.
            Apa yang terjadi jika tidak menulis? Apakah jika kegiatan ini hilang akan memiliki dampak signifikan? Jawabannya ya. Teman saya pernah mengatakan bahwa jika di dunia ini tidak ada yang menulis, maka tidak akan ada yang membaca. Lebih jauh lagi, wawasan setiap orang tidak bertambah luas karena penulis tidak menerbitkan buku – buku yang bermanfaat. Berawal dari sini, pemikran saya tentang menulis berubah.
                 Menurut saya, banyak alasan kenapa kita harus menulis, banyak manfaat yang dapat kita toreh entah itu berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Seperti: dapat meningkatkan perbendaharaan kata. Karena dalam menulis, seseorang ‘dituntut’ untuk menyajikan rangkaian kata yang dapat menarik perhatian. Kemudian, menulis juga bisa dijadikan sebagai media penyalur hobi entah itu menulis di blog, mading sekolah ataupun di berbagai media massa.
            Terkadang menulis juga berguna sebagai media curhat seperti menulis diary. Suatu kepuasaan rasanya bila berhasil menulis isi pikiran dan menjabarkannya ke dalam bentuk tulisan. Ketika suatu hari kita melihat kembali tulisan itu, kita akan kembali mengenang masa lalu seperti apa yang tertulis. Ibarat kata, tulisan dapat ‘menghentikan waktu’. Selain itu, dengan menulis kita bisa memotivasi hidup orang banyak, merubah mindset mereka yang salah seperti karya - karya Mario Teguh.
            Manfaat menulis yang lebih besar lagi ialah sebagai mata pencaharian. Raditya Dika dan Agnes Jessica adalah sedikit dari anak bangsa yang sukses lewat tulisan mereka. Siapa sangka tulisan mereka bisa menjadi sarana hiburan ketika kita sudah suntuk dengan buku – buku pelajaran di sekolah atau sekedar pengisi waktu luang ketika kosong? Disini kita lihat bahwa menulis yang dianggap sebagian orang sebagai kegiatan yang ‘tidak penting’,  bisa menjadi manfaat bagi orang banyak dan mata pencaharian yang membuat mereka meraih kesuksesan.
            Suatu hal yang sangat membahagiakan jika tulisan kita dapat disukai hingga diterbitkan di berbagai media massa yang nantinya memiliki manfaat bagi seluruh masyarakat. Ada rasa puas yang tidak terlukiskan bagi setiap penulis yang mengalami hal tersebut. Kalau ditanya mengapa saya suka menulis jawabannya ialah karena menulis adalah salah satu hobi saya dan yang paling penting saya ingin mendokumentasikan setiap langkah kehidupanku yang belum tentu dialami serupa dengan orang lain.
            Saya ingin ‘menghentikan’ moment – moment penting dan berarti dalam kehidupan saya. Dengan menulis saya tahu arti berbagi yang sesungguhnya, dengan menulis saya bisa menyadari bahwa diri saya unik dan spesial. Didasari fakta bahwa tidak semua orang mampu mengungkapkan apa yang dirasakan, apa yang dipikirkan, isi hati mereka menjadi sebuah tulisan yang mampu menggugah hati pembaca.
            Dalam melakukan segala sesuatu manusia pasti membutuhkan alasan, sama halnya dengan menulis. Dari penjabaran di atas, nampaknya pertanyaan kenapa harus menulis? sudah terjawab. Banyak lagi manfaat – manfaat yang dapat kita toreh dengan menulis yang tidak akan habis jika saya jabarkan satu – persatu. Jadi apakah anda sudah siap untuk menulis sekarang?
            
postedby:irenejessicakalangi

0 comments:

Post a Comment